Apa Kegunaan Node JS? - Lelluzec

Sabtu, 12 September 2020

Apa Kegunaan Node JS?

Node.js (Node) adalah platform pengembangan sumber terbuka untuk menjalankan sisi server kode JavaScript. Node berguna untuk mengembangkan aplikasi yang membutuhkan koneksi persisten dari browser ke server dan sering digunakan untuk aplikasi real-time seperti chat, feed berita dan notifikasi push web.

Node.js dimaksudkan untuk dijalankan pada server HTTP khusus dan menggunakan satu utas dengan satu proses pada satu waktu. Aplikasi Node.js berbasis peristiwa dan berjalan secara asinkron. Kode yang dibangun pada platform Node tidak mengikuti model tradisional menerima, memproses, mengirim, menunggu, menerima. Sebaliknya, Node memproses permintaan yang masuk dalam tumpukan kejadian konstan dan mengirimkan permintaan kecil satu demi satu tanpa menunggu tanggapan.

Ini adalah pergeseran dari model utama yang menjalankan proses yang lebih besar dan lebih kompleks serta menjalankan beberapa utas secara bersamaan, dengan setiap utas menunggu respons yang sesuai sebelum melanjutkan.

Salah satu keunggulan utama Node.js, menurut pembuatnya Ryan Dahl, adalah tidak memblokir input / output (I / O). Beberapa pengembang sangat kritis terhadap Node.js dan menunjukkan bahwa jika satu proses memerlukan sejumlah besar siklus CPU, aplikasi akan memblokir dan pemblokiran dapat merusak aplikasi. Pendukung model Node.js mengklaim bahwa waktu pemrosesan CPU kurang menjadi perhatian karena banyaknya jumlah proses kecil yang menjadi dasar kode Node.

Share with your friends

Give us your opinion