Cara Mengurangi Kapasitas Penyimpanan di Google Drive - Lelluzec

Rabu, 10 Juni 2020

Cara Mengurangi Kapasitas Penyimpanan di Google Drive


Ada yang gak kenal sama Google Drive? Server File sharing ini adalah server tercepat yang pernah saya temui, sekaligus server yang paling sering saya pakai, untuk mengunduh file-file besar dari internet. Google Drive juga termasuk tempat sharing file gratis, yang semua pengguna akun Google (Gmail) bisa memakainya.

Tapi, ada limit (Batasan) dimana kita hanya bisa mengupload, atau menyimpan file dalam drive tersebut, yakni sebanyak 15GB.

Seperti yang saya bilang tadi, saya sendiri suka sekali mendownload file besar melalui Google Drive. Kecepatannya jika saya tes, bisa mencapai puluhan persen lebih cepat jika dibandingkan download melalui server lain.

Tapi, ada 1 aturan dari Google Drive, yaitu jika dalam sehari file yang di upload terlalu banyak di download, maka file tersebut akan mengalami limit, sehingga file tidak bisa di download.

Cara Menghapus File di Google Drive:
1. Pertama kali, silakan login dulu ke Google Drive, melalui link drive.google.com, nanti kalian akan diarahkan ke halaman utama Google Drive.

2. Di halaman Utama Drive, kalian akan menemukan berbagai macam file gambar, dokumen dan video. Pertama, silakan sortir terlebih dahulu file-file dengan cara tekan tombol Ctrl sambil meng-klik file-file yang ingin dihapus.

3. Selanjutnya klik kanan lalu klik hapus.

4. Sekarang file di Drive kalian sudah terhapus.


5. File-file tadi, sebenarnya tidak terhapus secara permanen, melainkan hanya terhapus sementara / terpindah ke folder Recycle Bin (Folder Sampah).

Untuk menghapusnya secara permanen, klik tombol Sampah pada kolom menu bagian samping kiri -> kemudian klik Ctrl A untuk menyortir seluruh file -> Klik kanan -> Lalu klik hapus untuk selamanya.

6. Sekarang file di Google Drive kalian sudah terhapus permanen.

Share with your friends

Give us your opinion