Pembaruan Windows 10 secara tidak sengaja merusak keamanan Google Chrome - Lelluzec

Rabu, 29 April 2020

Pembaruan Windows 10 secara tidak sengaja merusak keamanan Google Chrome


Dalam pertemuan pelanggan gagal keamanan, bug kernel Windows 10 ditemukan menciptakan kerentanan serius di browser web Google Chrome.

Masalahnya terungkap oleh tim Project Zero di Google. Diperkenalkan sebagai bagian dari pembaruan Windows 10 1903 pada 21 Mei tahun lalu, kesalahan tersebut mengungkapkan efek bencana yang dapat dimiliki oleh satu baris kode (melalui BleepingComputer).

Kerentanan yang dimaksud, diidentifikasi sebagai CVE-2020-0981, telah diperbaiki sebagai bagian dari pembaruan April 2020 untuk Windows 10, tetapi ini merupakan pandangan instruktif tentang betapa mudahnya langkah-langkah keamanan dapat dipecah sebagai akibat dari perubahan kecil di berbagai lini. kode pada Windows 10.

Inilah baris kode asli:
NewToken-> ParentTokenId = OldToken-> TokenId;
Dan Windows 10 1903 memperbarui ke kode:
NewToken-> ParentTokenId = OldToken-> ParentTokenId;

Perubahan yang dipermasalahkan ini membuat pintasan fitur keamanan token yang menjadi tempat bergantungnya Chromium untuk mempertahankan kotak pasir amannya. Alih-alih membatasi proses kotak pasir baru ke Token Terbatas, ini memungkinkan proses kotak pasir baru untuk memiliki token yang dapat "dianggap sebagai saudara dari token lainnya di desktop."

Terobosan mendasar ini dalam fitur keamanan inti Windows 10 yang dibangun oleh tim Chromium, memungkinkan peneliti keamanan Project Zero, James Forshaw, untuk membuat rantai peristiwa rumit yang mengeksploitasi banyak kerentanan Windows 10 dan akan memungkinkan penyerang melarikan diri dari amankan kotak pasir Chromium.

Ini adalah diagram dari eksploitasi Mr. Forshaw, hanya untuk memberi Anda gambaran tentang kompleksitasnya.

Jika Anda ingin membaca rincian teknis cacat beserta deskripsi lengkap Tn. Forshaw tentang metode sandbox-nya, Anda dapat membaca akunnya di blog Google Project Zero.

Share with your friends

Give us your opinion