Intel 10th Gen H-Series CPU membawa 5Ghz ke laptop: Apa yang perlu Anda ketahui - Lelluzec

Jumat, 03 April 2020

Intel 10th Gen H-Series CPU membawa 5Ghz ke laptop: Apa yang perlu Anda ketahui


Hari ini, Intel meluncurkan prosesor H-series 10th-nya yang baru, yang merupakan laptop pertama yang menembus penghalang 5Ghz. Chip ini akan memberi daya pada gaming generasi berikutnya, laptop bisnis dan kinerja yang diharapkan akan tiba dalam beberapa bulan mendatang.

Prosesor Comet Lake-H yang baru harus memberikan peningkatan kinerja yang solid atas CPU Gen 9th saat ini, tetapi jangan berharap keajaiban. Chip Intel 10th Gen H-series masih merupakan prosesor 14-nanometer dan, tidak seperti prosesor seri U dan Y, tidak ada versi Ice Lake 10nm.

Apa yang Anda dapatkan dengan Gen H-series 10 adalah 5.0Ghz meningkatkan kecepatan di sebagian besar SKU, bersama dengan fitur konektivitas tambahan. Intel mengatakan CPU H-series sudah siap diluncurkan di 100 model laptop berbeda di seluruh konsumen dan komersial, 30 di antaranya dianggap "tipis dan ringan."

Kinerja Intel 10th Gen Comet Lake-H
Mari kita langsung ke angka. Intel menunjukkan kepada kami tayangan slide dengan grafik yang mengungkapkan kinerja chip 10th Gen baru. Pembuat chip suka membandingkan chip baru dengan PC sejak 3 tahun lalu, jadi itu yang terbaik yang kami punya sampai kami melakukan benchmarking sendiri terhadap model 2019.

CPU top-of-the-line Intel untuk 10th Gen H-series adalah Core i9-10980HK, CPU 8-core, 16-thread yang berjalan pada kecepatan maksimum 5,3Ghz. Dibandingkan dengan Intel Core i7-7820HK, Core i9 memberikan kinerja 44% lebih baik, peningkatan gaming 53% dan dua kali kecepatan rendering video 4K.

Namun, hanya laptop paling mahal yang akan mendapatkan CPU Core i9. Sebagian besar sistem berkinerja tinggi akan mendapatkan Core i7-10875H atau Core i7-10750H. Yang terakhir, prosesor 6-inti diatur untuk memulai debutnya di rig game premium, menawarkan peningkatan kinerja 33% dan 44% kecepatan game ketika dibandingkan dengan sistem yang berusia 3 tahun.

Yang mengatakan, banyak mesin game dan laptop premium untuk pembuatan konten akan menggunakan Core i7-10875H yang lebih tinggi, yang memiliki 8 core dan 16 thread seperti Core i9, tetapi berjalan pada maksimum 5.1GHz. Sayangnya, Intel tidak memiliki angka kinerja yang siap untuk Core i7 premium, jadi kita harus menunggu laptop tiba di kantor (rumah) kami.

Kinerja gaming Intel 10th Gen Comet Lake-H:
Laptop dengan prosesor H-series merupakan mayoritas besar laptop gaming, jadi chip 10th Gen yang baru ini penting bagi gamer yang membutuhkan komponen tercepat untuk bermain dengan kecepatan frame tinggi. Anda mungkin bertanya-tanya apa hubungan CPU dengan game. Game sebenarnya menggunakan kombinasi daya GPU dan CPU, dan beberapa bersandar pada prosesor. Karena itu, frekuensi tinggi dan lebih banyak core dapat menghasilkan frame yang lebih baik per detik dan latensi yang lebih rendah.

Untuk itu, Intel menjanjikan keuntungan kinerja yang signifikan ketika memainkan judul AAA terbaru. Sebagai contoh, Core i9-10980HK CPU akan menjalankan Total War: Three Kingdoms (1080p, high) frame 42% lebih cepat daripada Core i7-7820HK dari beberapa tahun yang lalu. Jurang kinerja tidak sedalam permainan lain, seperti Far Cry: New Dawn (23%) atau Assassin's Creed Odyssey (23%), tetapi Anda masih akan melihat perbedaan.

Core i7-10750H CPU baru mengungguli Core i7-7700HQ di game F1 2019 sebesar 38%. Anda akan melihat keuntungan yang sama ketika bermain Total War: Three Kingdoms dan Assassin's Creed Odyssey (44%).

Kami tidak melihat tolok ukur kinerja untuk Core i510400H CPU, tetapi Intel menjanjikan chip 4-core, 8-thread akan menghancurkan versi mid-range sebelumnya.

Intel 10th Gen H-series fitur:
Ini tidak semua tentang angka kinerja. Anda bahkan dapat berargumen bahwa fitur baru yang diaktifkan oleh chip Gen ke-10 sama pentingnya dengan peningkatan kinerja. Beberapa di antaranya telah kita lihat sebelumnya dengan Gen Ice Lake ke-10 dan chip Comet Lake, sementara yang lain baru untuk seri-H.

Kami akan mulai dengan Wi-Fi 6, standar konektivitas terbaru untuk internet berkecepatan tinggi. Chip seri H akan mendukung Wi-Fi 6 melalui kartu jaringan Intel AX201. Baik Anda bermain film online atau streaming, Wi-Fi 6 memberikan latensi yang lebih rendah untuk bermain game dan 3x kecepatan teoretis lebih cepat dengan bandwidth dua kali lipat untuk streaming yang lebih lancar. Ini adalah fitur yang bagus untuk digunakan pada laptop Anda, tetapi Anda hanya akan mendapat manfaat dari Wi-Fi 6 dengan router yang tepat dan koneksi internet yang cepat.

Pengguna yang kuat akan menghargai dukungan tambahan hingga 128GB RAM. Ya, saya berbicara tentang ingatan. Walaupun hal ini berlebihan bagi sebagian besar pengguna, pro bisnis yang menggunakan workstation untuk menghitung angka selalu dapat memperoleh manfaat dari lebih banyak RAM. Pada catatan yang sama, chip Intel sekarang mendukung hingga memori DDR4-2933, sebuah peningkatan dari DDR4-2666 di Coffee Lake-H.

Thunderbolt 3 telah banyak diadopsi, dan kami berharap dapat melihat lebih banyak laptop gaming dan produktivitas di akhir tahun ini. Sementara Thunderbolt 3 tidak terintegrasi ke dalam Comet Lake-H, chip baru akan mendukung dua pengendali hingga 4 port. Jika Anda tidak terbiasa dengan standar USB-C, Thunderbolt 3 memungkinkan kecepatan transfer super cepat dan kemampuan untuk terhubung ke beberapa monitor 4K.

Fitur baru lainnya yang masuk ke Comet Lake-H adalah apa yang disebut Intel Pengoptimal Kecepatan. Ini adalah teknik baru yang meng-overclock prosesor tertentu dengan satu klik. Tentu saja, itu hanya akan berfungsi pada prosesor yang tidak dikunci yang dapat di-overclock, seperti Core i9-10980HK. Memori optane, Intel Adaptix Dynamic Tuning, dan Turbo Boost Max Tech 3.0 kembali dalam Gen 10 untuk kinerja yang dioptimalkan sementara vPro CPU untuk mesin bisnis akan tiba nanti di kemudian hari.

Pandangan:
Mungkin chip 14nm lain, tetapi CPU Comet Lake-H baru dari Intel harus memberikan lompatan kinerja yang solid dari chip sebelumnya bersama dengan Wi-Fi 6, dukungan Thunderbolt 3, dan banyak lagi.

Pertanyaan sebenarnya adalah bagaimana mereka bertahan pada prosesor 4000-series AMD, yang mengejutkan kami dalam ulasan Asus ROG Zephyrus G14 kami. Melanggar penghalang 5Ghz untuk 60% dari CPU SKU adalah awal yang baik - tetapi kita akan belajar lebih banyak setelah kita mendapatkan unit ulasan berjalan pada prosesor Comet Lake-H ini.

Share with your friends

Give us your opinion