Xbox Series X vs PS5: Konsol mana yang tepat untuk kalian? - Lelluzec

Kamis, 19 Maret 2020

Xbox Series X vs PS5: Konsol mana yang tepat untuk kalian?

Pertarungan konsol generasi berikutnya antara Xbox Series X dan PS5 sudah hampir tiba.

Xbox Series X dan PS5 dari Microsoft dan Sony, masing-masing, akan tiba pada tahun 2020, hampir 7 tahun setelah peluncuran Xbox One dan PS4. Admin telah mengumpulkan semua rumor dan mengkonfirmasi informasi mengenai Xbox Series X dan PS5 dan mengadu keduanya satu sama lain untuk melihat mana yang kemungkinan akan muncul di puncak. Sony PS4 adalah pemenang yang jelas dari generasi terakhir, tetapi Microsoft telah belajar dari kesalahan awal dengan Xbox One dan berjanji untuk tidak mengulanginya kali ini.

Mari kita lihat bagaimana kedua konsol ini menumpuk berdasarkan semua yang kita ketahui sejauh ini.

Xbox Series X vs. PS5: Harga dan tanggal rilis
Belum ada perusahaan yang memberi kami harga resmi pada konsol generasi berikutnya, tetapi komentar dari para eksekutif beserta beberapa bocoran menawarkan petunjuk tentang kisaran harga Xbox Series X vs PS5.

Meskipun jauh dari bukti definitif, harga untuk PS5 telah dipatok mulai $ 499, menurut laporan Ace Research Institute (via Twinfinite) dan PSErebus, seorang leaker dengan kredibilitas sebelumnya. Perkiraan harga pokok pada PS5 oleh Bloomberg menempatkan konsol di sekitar $ 450, yang menambahkan dukungan lebih lanjut untuk titik harga $ 499.

Kami memiliki lebih sedikit untuk melanjutkan dengan harga Xbox Series X, tetapi satu-satunya sumber kami adalah kepala Xbox, Phil Spencer. Dalam sebuah wawancara dengan The Verge, dia berkata, "kita tidak akan kehilangan posisi karena kekuasaan atau harga." Ini dibandingkan dengan Xbox One, yang keduanya $ 100 lebih mahal dan kurang kuat daripada PS4 saat diluncurkan. Ini tidak memberi kami jawaban yang pasti, tetapi itu memberi tahu kami bahwa harus ada sedikit perbedaan harga antara konsol saat peluncuran.

Baik Microsoft dan Sony telah mengidentifikasi "liburan 2020" sebagai timeline peluncuran untuk konsol, jadi harapan kami adalah bahwa keduanya akan diluncurkan pada bulan November untuk dikirimkan tepat waktu untuk liburan.

Pemenang: Tie. Tanpa harga sebenarnya untuk salah satu konsol, tidak mungkin untuk memanggil pemenang di sini. Tetapi dengan waktu peluncuran yang sama dan Microsoft menyarankan mereka tidak akan kalah harga, kemungkinan ini akan berakhir imbang.

Xbox Series X vs PS5: Desain
Kami tahu banyak tentang desain Xbox Series X dan itu pada dasarnya monolit. Microsoft telah memilih desain yang sangat minimalis dengan Xbox Series X, "menara" persegi panjang yang menyerupai PC desktop kecil dengan logo Xbox yang menyala dan slot disk di bagian depan.

Konsol ini tingginya sekitar 11,9 inci dan lebar 6 inci dan dalam. Ini tidak besar dengan cara apa pun, tetapi mungkin sulit pas di beberapa pusat hiburan.

Satu kipas besar di bagian atas Xbox Series X akan memberikan pendinginan dan memungkinkannya untuk diposisikan secara vertikal atau horizontal dan harus memungkinkan untuk kinerja yang relatif tenang.

Sekali lagi, informasi tentang desain PS5 sedikit lebih jarang. Kami memiliki gambar paten Sony yang menggambarkan bentuk konsol yang lebih tradisional, tetapi dengan huruf V besar yang diukir di bagian tengah atas perangkat untuk aliran udara. Bagian depan perangkat dilengkapi slot disk dan beberapa port USB Type-A.

Sketsa ini dilaporkan cocok dengan gambar kit PS5 dev yang dikirim ke Gizmodo, tetapi sepertinya ini bukan desain ritel final.

Pemenang: Xbox One X. Agar adil, kami belum memiliki gambar resmi PS5, tetapi berdasarkan apa yang kami ketahui saat ini, kami menyukai tampilan yang bersahaja dari Xbox Series X.

Xbox Series X vs PS5: Spesifikasi
Hardware Xbox Series X PS5
CPU 8x Cores @ 3.8 GHz (3.66 GHz w/ SMT) Custom Zen 2 CPU 8x Cores @ 3.5 GHz (variable frequency)
GPU 12 TFLOPS, 52 CUs @ 1.825 GHz Custom RDNA 2 GPU 10.3 TFLOPS, 36 CUs @ 2.33 GHz (variable frequency)
Die size 360.45 mm TBD
Processor 7nm Enhanced TBD
Memory 16 GB GDDR6 w/ 320mb bus 16 GB GDDR6
Memory bandwidth 10GB @ 560 GB/s, 6GB @ 336 GB/s 448 GB/s
Internal Storage 1 TB Custom NVME SSD 825 GB Custom NVME SSD
I/O Throughput 2.4 GB/s (Raw), 4.8 GB/s (Compressed, with custom hardware decompression block) 5.5 GB/s (Raw), up to 8-9GB/s (Compressed)
Expandable storage 1 TB Expansion Card (matches internal storage exactly) NVMe SSD Slot
External storage USB 3.2 External HDD Support USB External HDD Support
Optical drive 4K UHD Blu-Ray Drive 4K UHD Blu-Ray Drive
Performance target 4K @ 60 FPS, Up to 120 FPS and 8K 4K @ 60 FPS, Up to 120 FPS and 8K
Pemenang: Xbox Series X. Sony memberi bobot yang besar pada kecepatan SSD-nya dan kita harus melihat seperti apa kinerja kinerjanya di dunia nyata, tetapi setidaknya di atas kertas, Xbox Series X adalah game yang lebih kuat menghibur.

Xbox Series X vs PS5: Kinerja
Dalam kedua kasus, buktinya akan datang ketika kita benar-benar dapat melihat konsol ini berkinerja, tetapi untuk saat ini, kami memiliki klaim dari kedua perusahaan dan mereka sangat dekat satu sama lain.

PS5 akan mampu bermain game 4K hingga 120 fps dan memiliki dukungan untuk 8K tanpa target frame rate spesifik yang teridentifikasi.

Dukungan untuk penelusuran sinar adalah tambahan besar lainnya untuk PS5 karena ini akan memberikan pencahayaan yang jauh lebih realistis dalam permainan serta beberapa efek audio 3D yang dibanggakan Sony.

Hal-hal yang cukup mirip pada sisi Xbox Series X dengan game 4K pada 120 fps dan dukungan untuk game 8K tanpa target frame rate tertentu. Ray tracing juga akan ada di papan, meskipun mereka tidak membuat klaim audio terkait.

Kedua konsol juga akan menampilkan SSD khusus yang mereka janjikan akan menghasilkan waktu muat yang berkurang secara dramatis dibandingkan generasi sebelumnya. PS5 bisa menjadi pemenang di front ini dengan throughput yang jauh lebih cepat (5,5 GB / s vs 2,4 GB / s) untuk SSD-nya.

Pemenang: Xbox Series X. Dengan kedua Xbox Series X dan PS5 memiliki kinerja yang dinyatakan hampir identik, terlalu sulit untuk menentukan di sini, tetapi memberikan spesifikasi keseluruhan yang lebih baik dari Xbox Series X sampai kita memiliki bukti dunia nyata sebaliknya. Sepertinya itu akan memiliki keunggulan.

Xbox Series X vs PS5: Controller
Tidak ada perusahaan yang menyimpang jauh dari desain pengendali dasar konsol generasi sebelumnya, dan sebagian besar pembaruan terlihat internal.

Penambahan yang paling menonjol ke controller Xbox Series X adalah tombol share yang menonjol di tengah controller untuk mengirim konten ke teman-teman, seperti halnya Sony yang diperkenalkan dengan DualShock 4 PS4.

Perubahan yang kurang terlihat adalah hybrid D-Pad yang diperbarui dan latensi yang ditingkatkan untuk menghilangkan penundaan antara penekanan tombol dan tindakan pada layar. Akhirnya, pengontrol baru sedikit lebih kecil dari pengontrol Xbox One dan akan kompatibel dengan konsol yang lebih lama.

Kami terbatas pada gambar paten di pihak Sony (melalui Video Game Chronicle), tetapi pengontrol DualShock 5 PS5 terlihat sangat mirip dengan DualShock 4 menurut tampilan eksklusif yang diberikan kepada Wired. Bilah lampu telah dieliminasi dan genggaman pengontrol tampak sedikit lebih melengkung.

Sekali lagi, ada perubahan internal dengan pengontrol yang memberikan umpan balik haptik yang meningkat secara dramatis yang mampu menggambarkan, misalnya, perubahan nuansa jalan dalam game balapan, dan pemicunya akan menawarkan resistensi variabel berdasarkan aktivitas yang dilakukan dalam gim. .

Pemenang: PS5. Beberapa di antaranya akan turun ke preferensi pribadi tentu saja, tetapi DualShock 4 adalah pengontrol favorit kami dari generasi sebelumnya. Sebelum menguji peningkatan haptics dan pemicu resistensi variabel, DualShock 5 terdengar luar biasa.

Xbox Series X vs. PS5: Backward compatibility
Microsoft dan Sony menjanjikan kompatibilitas ke belakang dengan konsol generasi sebelumnya.

Xbox Series X mengklaim gelar juara kompatibilitas mundur dengan Microsoft menjanjikan konsol generasi berikutnya tidak hanya akan memainkan game Xbox One, tetapi juga akan mencakup game Game Pass dan lebih dari 600 Xbox 360 dan judul Xbox asli. Selain itu, Microsoft mengatakan game-game ini semua akan bermain lebih baik dari sebelumnya dengan waktu buka yang lebih baik, frame rate dan visual.

Selain game, aksesori Xbox One juga akan didukung oleh Xbox Series X.

Sony tidak ketinggalan, dengan kompatibilitas yang sudah dikonfirmasi untuk hampir semua 100 game PS4 teratas saat diluncurkan serta perangkat keras PSVR.

Pemenang: Xbox Seri X. Sony mempelajari pelajarannya dan setidaknya menawarkan kompatibilitas ke belakang, tetapi Microsoft telah membuat komitmen yang jauh lebih luas bagi mereka yang sudah berinvestasi di Xbox atau ingin menjelajahi katalog belakang luas konsol Xbox masa lalu.

Xbox Series X vs PS5: Game
Dengan arsitektur yang serupa antara Xbox Series X dan PS5, sebagian besar judul PC harus mencari jalan ke kedua konsol tersebut karena biaya pengembang yang seharusnya dikurangi.

Sejauh eksklusivitas berjalan, kami masih belum memiliki banyak hal untuk dilakukan, tetapi kami dapat membuat beberapa estimasi yang masuk akal.

Tentu saja, Xbox Series X akan memiliki Halo Infinite tetapi secara teknis judul Xbox Series X yang pertama kali diumumkan secara resmi adalah Senua's Saga: HellBlade 2. Angsuran baru Gears of War dan Forza tidak diragukan lagi akan menemukan jalan mereka ke Xbox Series X juga.

Belum ada eksklusif yang dikonfirmasi untuk PS5, tapi tentu saja, kami mengharapkan sekuel dari God of War, Horizon: Zero Dawn dan Spider-Man. Beberapa rilis eksklusif yang akan keluar tahun ini, seperti Last of Us: Part II dan Ghosts of Tsushima, juga kemungkinan akan diangkut ke konsol baru.

Judul yang tertunda yang harus menemukan jalan mereka ke kedua konsol di dekat peluncuran harus mencakup Karantina Enam Karantina Tom Clancy, Dewa dan Monster, dan Watch Dogs: Legion.

Kami berharap gambar ini akan membaik dalam beberapa bulan mendatang karena kami mengetahui beberapa rilis game musim semi dan kedua perusahaan meningkatkan peluncuran konsol.

Pemenang: PS5. PS4 adalah pemenang konsensus dari kategori ini pada generasi sebelumnya, sehingga Sony tetap memiliki jajaran judul eksklusif yang lebih baik.

Xbox Series X vs PS5: Outlook
Meskipun ada banyak yang belum diputuskan, Xbox Series X adalah pelari terdepan sejauh ini.

Spesifikasi untuk PS5 tidak cukup tahan untuk Xbox Series X, dan sampai Sony dapat menunjukkan hasil di dunia nyata bahwa perangkat kerasnya sesuai dengan tantangan, kita harus memberi anggukan pada Xbox Series X.

Sony terus memiliki deretan judul eksklusif yang lebih populer (bahkan jika kami belum meluncurkan info ketersediaan) dan belum ada perombakan besar atau eksklusif yang diumumkan yang mengubah ini. Untuk gamers nostalgia, Xbox Series X menawarkan kompatibilitas yang jauh lebih terbelakang.

PS5 juga memiliki satu dari sedikit pembeda yang jelas antara dua konsol dalam bentuk PSVR. Microsoft telah menjelaskan bahwa VR bukan bagian dari rencana konsolnya.

Ini membentuk kompetisi yang jauh lebih dekat daripada Xbox One vs PS4 saat diluncurkan, tetapi berdasarkan apa yang kita ketahui sekarang, Xbox Series X memiliki keunggulan.

Share with your friends

Give us your opinion