Tips Memilih Router Wireless Terbaik - Lelluzec

Selasa, 18 Februari 2020

Tips Memilih Router Wireless Terbaik

Tingkatkan WiFi Rumah Anda dengan Router Nirkabel Baru Terbaik
Hidup itu sulit tanpa koneksi WiFi yang kuat. Kita hidup di zaman mobile, perangkat yang terhubung internet yang bergantung pada akses internet yang cepat dan dapat diandalkan untuk berfungsi sebagaimana dimaksud. Maklum, standar WiFi yang lebih lama belum dirancang dengan mempertimbangkan kebutuhan kita saat ini, jadi wajar jika router nirkabel yang tidak mendukung apa pun kecuali mereka pada dasarnya sudah usang.

Jika Anda masih menggunakan router WiFi yang berasal dari masa sebelum perangkat rumah pintar dan Internet of Things, Anda harus mempertimbangkan untuk meningkatkan ke router WiFi modern yang dapat memberikan akses internet tanpa cacat ke banyak perangkat yang terhubung sekaligus. Tujuan dari panduan ini adalah untuk mendemistifikasi teknologi WiFi dan memperkenalkan beberapa router WiFi terbaik sehingga Anda tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam membaca deskripsi produk yang membosankan dan spesifikasi yang sesuai.

Langkah 1: Memahami Standar WiFi
Jaringan area lokal nirkabel diatur oleh standar IEEE 802.11. Versi pertama dari standar ini dirilis pada tahun 1997, dan telah ada beberapa revisi sejak itu. Revisi terbaru dari standar 802.11 disebut 802.11ac, dan memiliki multi-station throughput minimal 1 gigabit per detik dan throughput single-link setidaknya 500 megabit per detik (500 Mbit / dtk).

Revisi sebelumnya dari standar 802.11 mencakup 802.11n, yang menambahkan antena multi-output-input banyak-input (MIMO), dan 802.11g, yang beroperasi pada laju bit lapisan fisik maksimum 54 Mbit / s, hanya untuk menyebutkan dua yang paling umum revisi yang digunakan dari standar 802.11.

Tentu saja, tidak ada alasan untuk khawatir tentang fitur apa yang ditawarkan standar WiFi individual. Sebagai pengguna, yang Anda inginkan adalah memastikan bahwa perangkat nirkabel dan router nirkabel Anda keduanya mendukung standar yang sama. Atau lebih tepatnya, Anda ingin memastikan bahwa router nirkabel Anda bukan faktor pembatas. Jadi, bahkan jika Anda tidak memiliki perangkat nirkabel apa pun yang menggunakan standar 802.11ac terbaru, tetap masuk akal untuk membeli router yang mendukungnya.

Langkah 2: Perkirakan Berapa Banyak Cakupan WiFi yang Anda Butuhkan
Anda dapat yakin bahwa Anda akan membutuhkan router nirkabel yang jauh lebih kuat jika Anda tinggal di rumah besar daripada seseorang yang tinggal di apartemen yang sempit. Bahkan, bahkan router nirkabel terbaik di pasar mungkin tidak dapat menutupi seluruh rumah Anda dengan akses internet nirkabel yang andal. Dinding bata tebal adalah sumber umum masalah WiFi, dan begitu pula gangguan elektromagnetik dari berbagai peralatan rumah tangga. Bahkan jaringan WiFi tetangga Anda dapat mengganggu jaringan Anda sendiri dapat menyebabkan pelambatan dan penurunan sinyal.

Semua router nirkabel terbaik harus mendukung pita 2,4 GHz, yang menyediakan jangkauan pada jarak yang lebih panjang tetapi mentransmisikan data pada kecepatan yang lebih lambat, serta pita 5 GHz, yang memberikan jangkauan lebih sedikit tetapi mentransmisikan data dengan kecepatan lebih cepat. Sebuah router nirkabel yang mampu mentransmisikan pada pita 2,4 GHz dan 5 GHz pada saat yang sama memungkinkan Anda untuk menikmati yang terbaik dari kedua dunia, yang merupakan plus plus dan pasti fitur yang harus dimiliki.

Langkah 3: Pertimbangkan Alternatif
Jika Anda tidak puas dengan kinerja jaringan nirkabel Anda yang ada, membeli router nirkabel baru bukanlah satu-satunya solusi yang mungkin. Misalnya, beberapa orang membeli router baru hanya karena satu kamar di rumah mereka tidak memiliki akses internet. Dalam situasi itu, pemanjang WiFi kemungkinan akan berfungsi dengan baik dan harganya jauh lebih murah daripada router nirkabel baru.

Pada dasarnya, extender WiFi adalah perangkat yang relatif kompak yang dihubungkan ke outlet listrik, lebih disukai yang terletak di suatu tempat di tengah-tengah antara router nirkabel yang ada dan ruangan yang tidak tercakup oleh sinyal yang ditransmisikan oleh router. WiFi extender kemudian menghubungkan ke jaringan WiFi yang ada dan bertindak sebagai penguat, menangkap sinyal WiFi dari router dengan satu antena dan mentransmisikannya dengan yang lain.

Di sisi lain, mungkin Anda tinggal di rumah yang sangat besar sehingga router WiFi terbaik di pasaran tidak akan mungkin menutupinya dengan sinyal yang kuat, sistem jaringan WiFi mesh adalah yang Anda butuhkan. Jaringan mesh adalah topologi jaringan lokal di mana setiap node terhubung langsung satu sama lain untuk merutekan data dengan cara yang paling efisien. Sedangkan WiFi extender menciptakan jaringan WiFi terpisah, sistem jaringan WiFi mesh dapat mencakup rumah yang sangat besar, dari ruang bawah tanah ke loteng, dengan jaringan WiFi tunggal, yang memungkinkan perangkat berkeliaran mulus di antara masing-masing node.

3 Router WiFi Terbaik
Untuk kenyamanan Anda, kami telah memilih 3 router WiFi terbaik. Termasuk adalah router nirkabel terbaik 2018, router nirkabel terbaik untuk rumah, dan router nirkabel terbaik untuk bermain game. Ketiga router tersebut berasal dari produsen terkemuka yang berdiri di belakang produk mereka dan merilis pembaruan untuk memperbaiki kerentanan keamanan dan memperbaiki bug.

Asus GT-AC5300
Didesain dengan pertimbangan VR dan streaming 4K, Asus GT-AC5300 merupakan router gaming terbaik yang saat ini tersedia. Asus telah dipuji karena keunggulan jaringannya oleh para pembaca PC Magazine selama enam tahun berturut-turut, dan hanya satu kali melihat GT-AC5300 yang menjelaskan alasannya.

Bukan rahasia lagi bahwa kebutuhan gamer sangat berbeda dari kebutuhan pengguna komputer biasa. Faktanya, jurang pemisah antara dua kelompok pengguna tidak pernah lebih besar karena semakin banyak gamer hari ini mulai streaming langsung begitu mereka menyalakan komputer atau konsol permainan video mereka.

GT-AC5300 dapat dengan mudah mengatasi tuntutan tinggi gamer modern berkat prosesor quad-core dan tiga tingkat akselerasi game. Level pertama terdiri dari dua port LAN gaming yang dioptimalkan untuk perangkat gaming. Level kedua melibatkan teknologi Game Boost, yang menganalisis lalu lintas jaringan dan memprioritaskan paket game. Terakhir, level ketiga melibatkan dukungan bawaan untuk Gamers Private Network, yang menyediakan koneksi internet pribadi yang dioptimalkan ke server game.

Bahkan ketika bermain game dan streaming langsung pada saat yang sama, GT-AC5300 masih dapat mendukung perangkat nirkabel dan memberikan kecepatan internet yang fantastis di atas pita 5GHz atau pita 2,4GHz. Router menawarkan kecepatan nirkabel hingga 1900Mbps, dan bahkan dapat menggabungkan dua port LAN bersama menjadi satu koneksi 2Gbps yang sangat cepat. Semua fitur ini menjadikan GT-AC5300 router nirkabel terbaik untuk bermain game di tahun 2018.

Netgear Orbi
Netgear Orbi adalah sistem WiFi mesh yang mudah digunakan yang terdiri dari router bergaya desktop yang elegan dan satelit steker-dinding yang ringkas. Karena Netgear Orbi mengandalkan tri-band WiFi, ini secara signifikan mengungguli pesaingnya, memberikan kecepatan lebih cepat dan jangkauan yang lebih besar. Meskipun Netgear Orbi sama mutunya dengan perangkat jaringan nirkabel, Netbi tetap dapat diakses bahkan untuk melengkapi pemula yang tidak memiliki pengalaman sebelumnya dengan router atau extender.

Untuk menginstal Netgear Orbi, Anda cukup menghubungkannya ke internet dengan kabel Ethernet dan menggunakan aplikasi smartphone Netgear Orbi untuk mengelola pengaturan WiFi Anda. Aplikasi ini membuatnya mudah dan intuitif untuk mengatur dan mengelola sistem WiFi Orbi Anda, menyediakan akses mudah ke kontrol orangtua, pemantauan lalu lintas, pengaturan, dan dukungan.
Netgear Orbi mungkin lebih mahal daripada banyak router nirkabel terbaik lainnya untuk rumah, tetapi itu layak harga karena dapat menutupi area yang sangat besar dengan sinyal WiFi yang dapat diandalkan tanpa kesulitan untuk menginstal atau ofensif untuk melihatnya. Anda dapat dengan mudah memperpanjang Netgear Orbi Anda dengan satelit Orbi tambahan, yang merupakan sesuatu yang tidak dapat Anda lakukan dengan router nirkabel biasa.

Archer TP-Link C9
TP-Link Archer C9 adalah router nirkabel terbaik 2017, dan ini terus menjadi pembelian yang hebat bahkan pada tahun 2018. Router nirkabel yang relatif terjangkau ini mungkin bukan router WiFi terbaik untuk jarak jauh, tetapi sangat cocok untuk apartemen, menawarkan 2.4 secara simultan GHz 600 Mbps dan 5 GHz 1300 Mbps koneksi untuk 1,9 Gbps total bandwidth yang tersedia.

Router mendukung standar 802.11ac terbaru, dan prosesor dual-core 1 GHz memastikan mampu menangani beberapa koneksi simultan tanpa gangguan atau lag. Anda dapat dengan mudah menghubungkan printer Anda ke Archer C9 dengan kabel USB untuk mengaksesnya dari jarak jauh. Router memiliki tiga antena yang dapat dilepas, yang semuanya dapat diselaraskan secara individual untuk kinerja maksimum. Anda bahkan dapat mengganti antena yang disertakan dengan antena yang besar dan lebih kuat untuk kinerja yang lebih baik.

Archer C9 dapat dikonfigurasi menggunakan aplikasi TP-LINK Tether untuk smartphone. Aplikasi ini membuatnya sangat mudah untuk membuat jaringan tamu terpisah, mengakses kontrol orang tua untuk menggunakan akses terbatas untuk anak-anak atau staf, memanfaatkan manfaat kinerja IPv6, atau mengubah kata sandi router.

Sebelum berinvestasi dalam router WiFi baru, sangat disarankan untuk melakukan survei nirkabel ruang Anda untuk melihat mengapa Anda tidak puas dengan pengaturan Anda saat ini. Apakah router WiFi yang harus disalahkan, atau apakah itu cara jaringan saat ini diatur? NetSpot akan menjalankan survei situs nirkabel terperinci dan memberi Anda semua data yang diperlukan untuk meningkatkan jaringan WiFi Anda dengan luar biasa. NetSpot ramah dan mudah dan tersedia secara gratis untuk Windows dan MacOS.

Share with your friends

Give us your opinion