Cara Mematikan Pembaruan Otomatis pada Windows 10 - Lelluzec

Senin, 17 Februari 2020

Cara Mematikan Pembaruan Otomatis pada Windows 10

Salah satu fitur kontroversial Windows 10 adalah cara baru bahwa sistem operasi menangani pembaruan. Pembaruan kumulatif diinstal secara otomatis ketika Windows memutuskan untuk melakukannya. Ini bisa membuat sangat frustasi bagi pengguna Windows 10 karena mereka sering dipaksa untuk me-restart mesin mereka pada waktu yang tidak tepat.

Sebelum melanjutkan, ingatlah bahwa beberapa pembaruan otomatis akan menjadi pembaruan keamanan atau peningkatan stabilitas penting yang ingin Anda instal pada sistem Anda. Ingatlah hal ini jika Anda memilih untuk mematikan pembaruan otomatis untuk periode waktu yang lama.

Satu opsi yang tidak akan kita bahas secara mendalam adalah membuat perubahan registri pada sistem operasi Windows Anda untuk menonaktifkan pembaruan otomatis. Ini adalah prosedur berbahaya dan hanya boleh diambil oleh pengguna berpengalaman yang telah mengambil cadangan penuh mesin mereka sebelum mencoba perubahan registri. Kesalahan selama proses ini dapat memiliki efek negatif yang serius pada komputer Anda dan kinerjanya.

Opsi 1. Nonaktifkan Layanan Pembaruan Windows
Pembaruan Windows pada dasarnya hanyalah Layanan Windows lain dan dapat dimatikan dengan cara yang mirip dengan layanan lainnya.

Ikuti langkah-langkah ini untuk menghentikan pembaruan Windows 10:
1. Jalankan perintah Run (Win + R). Ketik "services.msc" dan tekan Enter.
2. Pilih Windows Update service dari daftar Layanan.
3. Klik pada tab "General" dan ubah "Startup Type" menjadi "Disabled".
4. Nyalakan kembali mesin Anda.

Ketika Anda ingin mengaktifkan kembali pembaruan otomatis Anda cukup mengikuti prosedur yang sama kecuali Anda memilih "Otomatis" ketika memilih "Jenis Startup".

Opsi 2. Mengatur Koneksi Terukur
Jika Anda menggunakan WiFi untuk menghubungkan mesin Windows 10 Anda ke Internet, Anda memiliki opsi untuk mengatur koneksi terukur. Dalam koneksi terukur, bandwidth dipertahankan dengan hanya mengunduh dan menginstal pembaruan prioritas secara otomatis.

Metode klasifikasi Microsoft mungkin tetap menjadi misteri, tetapi pembaruan fitur driver dan perangkat lunak yang dapat menyebabkan masalah stabilitas diminimalkan dengan memilih opsi ini untuk menghentikan pembaruan otomatis Windows 10.

Untuk menonaktifkan pembaruan Windows 10:
1. Buka aplikasi Pengaturan Windows (Win + I).
2. Klik pada bagian Network & Internet'.
3. Buka ‘Wi-Fi’ dan klik ‘Manage known networks’.
4. Pilih jaringan dan dalam ‘Properti‘ untuk mengaktifkan opsi ‘Set as metered connection’ ke ‘On’.

Untuk beberapa alasan, Microsoft hanya menawarkan opsi ini jika Anda menggunakan koneksi WiFi. Jika Anda terhubung ke Internet melalui kabel Ethernet Anda tidak akan dapat mengatur koneksi terukur.

Opsi 3. Group Policy Editor
Anda dapat membuat perubahan pada Editor Kebijakan Grup jika Anda menggunakan edisi Windows 10 Education, Pro atau Enterprise. Pengguna Windows 10 Home edition kurang beruntung karena cara menonaktifkan pembaruan Windows 10 ini.

Jika Anda memilih solusi ini, pembaruan keamanan masih akan diinstal secara otomatis. Untuk semua pembaruan lainnya, Anda akan diberi tahu bahwa pembaruan tersedia dan dapat menginstalnya sesuka Anda. Ini adalah cara pembaruan Windows bekerja di masa lalu. Saat ini, Microsoft ingin menghilangkan kebutuhan bagi pengguna pemula untuk terlibat dalam pembaruan, tetapi telah memberlakukan ini dengan mengorbankan fleksibilitas bagi pengguna yang lebih berpengalaman.

Berikut cara memperbarui Editor Kebijakan Grup Anda untuk mencegah pembaruan Windows 10 otomatis:
1. Jalankan perintah Run (Win + R). Ketik "gpedit.msc" dan tekan Enter untuk membuka group policy editor.
2. Telusuri melalui "Computer Configuration" ke " Administrative Templates".
3. Pilih "Windows Components" dan kemudian "Windows Update".
4. Pilih opsi di sebelah kanan untuk "Configure Automatic Updates."
5. Pilih opsi yang menunjukkan "Notify for download and auto install".
6. Klik "Apply" dan "OK".
7. Ketik "Windows Update" ke dalam menu Start dan pilih "Windows Update Settings."
8. Nyalakan kembali komputer Anda untuk menyelesaikan pembaruan group policy editor.
9. Periksa pembaruan. Anda harus diberi tahu oleh Windows jika menemukannya tetapi tidak boleh dipasang secara otomatis lagi.

Mulai saat ini, Windows seharusnya memberi tahu Anda bahwa pembaruan tersedia dan Anda bertanggung jawab untuk memastikan bahwa pembaruan tersebut diunduh dan diinstal.

Mengapa Saya Harus Tahu Cara Menonaktifkan Pembaruan Windows 10?
Sistem operasi, driver, dan pembaruan aplikasi seringkali dapat menyebabkan perilaku yang tidak terduga pada komputer tempat mereka diinstal. Salah satu cara untuk melindungi diri Anda dan mesin Anda dari masalah yang tidak terduga adalah dengan melakukan pencadangan sebelum menginstal pembaruan ke sistem Anda.

Sayangnya, ketika pembaruan otomatis diinstal tanpa persetujuan Anda, Anda tidak dapat mengambil langkah pencegahan ini dan menghadapi kemungkinan harus menggunakan cadangan yang lebih lama jika Anda harus kembali melewati pembaruan.

Banyak pembaruan yang harus di-boot ulang mesin Anda ketika selesai dan tentu saja menghabiskan bandwidth saat mengunduh. Hal ini dapat menyebabkan waktu respons menjadi lebih lambat dan reboot yang tidak terduga dapat menyebabkan kekacauan pada kehidupan kerja Anda.

Jadi memang ada alasan yang valid untuk mematikan pembaruan otomatis di Windows 10. Berhati-hatilah untuk tidak mematikan layanan dan lupa memeriksa pembaruan. Meskipun pembaruan otomatis dapat menjadi masalah, membiarkan sistem Anda tertinggal dari pembaruan penting juga dapat memiliki konsekuensi serius.

Share with your friends

Give us your opinion