Apakah Mungkin Mengunduh Notepad ++ untuk Mac? - Lelluzec

Selasa, 11 Februari 2020

Apakah Mungkin Mengunduh Notepad ++ untuk Mac?

TextEdit adalah editor teks default di macOS, dan itu sama barebones dengan editor teks default di Windows, Notepad. Secara alami, banyak pengguna Mac cepat atau lambat mencari alternatif, dan mereka sering menemukan Notepad ++.

Apa itu Notepad ++?
Notepad ++ pada dasarnya adalah apa yang akan terjadi jika Anda menyuntikkan Notepad dengan steroid dan memaksanya untuk bekerja. Ini mendukung beberapa bahasa pemrograman dan fitur penyorotan sintaksis, lipat sintaksis, pencarian / penggantian PCRE (Ekspresi Reguler Kompatibel Perl), pelengkapan otomatis, pengeditan multi-dokumen, pencetakan WYSIWYG, memperbesar dan memperkecil, bookmark, perekaman dan pemutaran makro, dan lebih.

Notepad ++ adalah gratis dan open source, pertama kali dirilis pada tahun 2003 oleh Don Ho. Ini ditulis dalam C ++ dan berdasarkan pada komponen pengeditan yang kuat, Scintilla. Pustaka sumber terbuka gratis ini mendukung banyak fitur untuk mempermudah pengeditan kode selain indikator kesalahan, penomoran baris dalam margin, serta penanda garis seperti breakpoint kode.

Karena fitur-fiturnya yang luas, dukungan untuk 84 bahasa, dan harga gratis, Notepad ++ terpilih sebagai editor teks yang paling banyak digunakan di seluruh dunia dengan 34,7 persen dari 26.086 responden di Stack Overflow mengklaim untuk menggunakannya setiap hari. Itu juga telah memenangkan sejumlah penghargaan bergengsi termasuk penghargaan "Editor Pemrograman Teks Terbaik untuk Windows" dari Lifehacker pada 2011 dan 2014.

Mengapa Notepad ++ Mac Tidak Tersedia?
Sayangnya, mustahil untuk mengunduh Notepad ++ untuk Mac. Anda mungkin berpikir bahwa Notepad ++ Mac tidak tersedia karena itu juga tidak mungkin untuk mengunduh Notepad untuk Mac, tetapi itu bukan alasan sebenarnya mengapa.

Notepad ++ bergantung secara luas pada Win32 API, antarmuka pemrograman aplikasi 32-bit untuk versi modern Windows. Win32 API terdiri dari banyak komponen, termasuk hal-hal seperti sistem file, perangkat, proses, utas, dan penanganan kesalahan. Ini juga bertanggung jawab untuk tampilan dan nuansa Windows yang langsung dikenali dan banyak pengguna jangka panjang dari sistem operasi yang merasa begitu menarik. Singkatnya, tanpa Win32 API, tidak ada Notepad ++. Setidaknya bukan tanpa penulisan ulang aplikasi.

Jika Notepad ++ adalah proyek komersial, ada kemungkinan akan masuk akal untuk mengembangkan dan mempertahankan versi terpisah untuk macOS (dan Linux), tetapi ini gratis dan open source, sehingga motivasinya terbatas. Porting Notepad ++ ke sistem operasi lain juga akan merusak kompatibilitas dengan sebagian besar plugin, yang pada dasarnya memecah-belah komunitas Notepad ++.

Bagaimana Menjalankan Notepad ++ Di Mac?
Karena Notepad ++ secara luas bergantung pada Win32 API, ada dua cara yang memungkinkan untuk menjalankannya di macOS: tulis ulang sehingga tidak lagi bergantung pada Win32 API, atau berikan API yang diperlukan. Kami sudah menjelaskan mengapa yang pertama tidak mungkin terjadi dalam waktu dekat, tetapi yang terakhir sudah dimungkinkan menggunakan mesin virtual dan emulator.

1. Instal Notepad ++ di Mac Menggunakan Wine
Wine adalah backronym rekursif untuk Wine Bukan Emulator. Apa itu Wine? Lapisan kompatibilitas sumber terbuka dan gratis yang tujuannya adalah meniru lingkungan runtime Windows dengan menerjemahkan panggilan sistem Windows menjadi panggilan sistem yang sesuai dengan POSIX. Ini juga menciptakan kembali struktur direktori sistem Windows dan menyediakan implementasi alternatif perpustakaan sistem Windows, layanan, dan komponen lainnya.

Seperti yang Anda lihat di sini, Notepad ++ berjalan dengan baik di Wine, terutama versi sebelumnya, yang memberi peringkat Emas dan Platinum. Sistem penilaian Wine dirancang untuk membantu pengguna dengan memberikan penilaian berdasarkan pengalaman pengguna lain:
- Platinum: Berfungsi sebaik (atau lebih baik dari) pada Windows di luar kotak.
- Emas: Berfungsi sebaik (atau lebih baik dari) pada Windows dengan solusi.
- Perak: Bekerja sangat baik untuk penggunaan normal, tetapi memiliki beberapa masalah yang tidak ada solusinya.
- Perunggu: Berfungsi, tetapi memiliki beberapa masalah untuk penggunaan normal.
- Sampah: Masalahnya cukup parah sehingga tidak bisa digunakan untuk tujuan yang dirancang.
Untuk menginstal Wine di macOS, Anda perlu macOS 10.8 atau lebih tinggi, dan Anda harus mengatur Gatekeeper untuk TIDAK memblokir paket yang tidak ditandatangani. Jika Anda memenuhi prasyarat ini, Anda dapat melanjutkan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

- Unduh penginstal untuk Wine Stable dari halaman ini.
- Klik dua kali pada penginstal.
- Buat drive C: palsu tempat aplikasi Windows Anda akan diinstal dengan memasukkan "winecfg" ke terminal.
- Unduh Notepad ++ dari situs resminya.
- Tempatkan di direktori yang Anda inginkan.
- Buka terminal dan arahkan ke direktori dengan Notepad ++.
- Mulai file .exe instalasi Notepad ++ dengan mengetikkan "wine the-name-of-the-file.exe" ke terminal.
- Untuk meluncurkan Notepad ++ navigasikan ke foldernya di direktori Windows virtual dan ketik “wine the-name-of-the-file.exe” ke terminal.

2. Instal Notepad ++ di Mac Menggunakan VMware
Keuntungan utama menjalankan Notepad ++ (atau aplikasi lain) menggunakan Wine adalah ia menjalankannya berdampingan dengan aplikasi macOS asli. Tetapi karena cara kerja Wine, bug minor diharapkan terjadi. Sebuah bug di sana-sini mungkin dapat diterima jika Anda menggunakan Notepad ++ hanya untuk sesekali mengedit file teks, tetapi mereka dapat dengan cepat membuat Notepad ++ tidak dapat digunakan oleh pengembang perangkat lunak atau siapa pun yang ingin menggunakannya secara luas.

Di situlah solusi perangkat lunak virtualisasi seperti VMware Fusion masuk. Dengan itu, Anda dapat menyiapkan mesin Windows virtual di komputer Mac Anda dan menggunakan mesin virtual untuk menjalankan perangkat lunak Windows yang Anda inginkan. Mesin virtual bahkan dapat berbagi clipboard yang sama dengan Mac Anda, memungkinkan Anda untuk dengan mudah menyalin dan menempelkan teks dan gambar ke dan dari Notepad ++ di seluruh sistem operasi.

Untuk memulai dengan VMware Fusion, kami menyarankan Anda tutorial terperinci ini dari VMware tempat Anda dapat mempelajari semua yang perlu Anda ketahui tentang menjalankan aplikasi Windows pada komputer Mac berbasis Intel. Tentu saja, Anda juga akan memerlukan salinan Windows.

Share with your friends

Give us your opinion